Viral Masker Rambut dari Kopi dan Manfaatnya

INFORMASI, Penulis: Aulia Nisa Eka Dewi

Berlokal.id — Kopi dikenal sebagai minuman yang ampuh melawan rasa ngantuk karena kafein yang terkandung di dalamnya. Tetapi, nyatanya kopi bisa dijadikan masker untuk menjaga kesehatan rambut.

Seperti yang kita ketahui, belakangan ini cuaca di Pontianak lebih panas dari biasanya. Cuaca yang panas bisa memicu rambut menjadi kusam juga bisa menyebabkan rambut berketombe dan berkeringat karena suhunya yang tinggi dan bisa meningkatkan mikroba penyebab ketombe, malassezia globossa. Rambut yang berketombe hanya akan membuat kulit kepala gatal dan radang yang bisa merontokkan rambut.

Beberapa waktu lalu berseliweran video penggunaan Kopi bubuk sebagai masker rambut dari aplikasi Tiktok. Dipercaya dapat melembutkan rambut dan mengurangi kerontokan rambut, netizen pun turut mencobanya di rumah.

Pembuatannya pun sangat mudah, berikut bahan-bahan dan step by step yang harus di ikuti:

Bahan:
1 Bungkus bubuk kopi / 3 sendok makan
1/2 cangkir air putih

Step by step:
Campurkan semua bahan hingga berbentuk seperti pasta, kemudian oleskan rambut sebelum keramas. Pijat rambut dengan lembut selama 20 menit. Setelah itu diamkan masker selama 30 menit agar meresap, dan bilas dengan air hangat.

Jika ingin rambut tambah halus dan wangi, bisa juga dengan menambahkan sampo. Semua bahan tadi bisa dicampurkan dengan minyak kelapa, yoghurt, lemon, kuning telur untuk menambah manfaat.

Bicara tentang manfaat sebenarnya apa saja sih manfaat menggunakan masker rambut dari kopi?

1. Menghaluskan Rambut
Terdapat kandungan flavonoid pada kopi yang merupakan senyawa antioksidan untuk mendorong regenerasi rambut. Hal itulah yang membuat batang rambut menjadi lembut, tidak mudah kusut dan mudah diatur.

2. Membuat Rambut Lebih Berkilau
Kandungan kafein yang terdapat di kopi dapat membuat rambut tampak lebih berkilau dan melembabkan kulit kepala.

3. Membersihkan Kulit Kepala dan Mengatasi Ketombe
Jika merasa rambut kotor dan berminyak, gunakan ampas kopi yang dapat dijadikan scrub untuk membersihkan kulit kepala. Berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang menempel pada kulit kepala.

Penulis: Aulia Nisa Eka Dewi

Tinggalkan komentar