WhatsApp, Instagram dan Facebook Down

INFORMASI, Penulis: Via Kurniati

Berlokal.id, — Layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook down, pada Senin malam (4/10/2021). Banyak pengguna Facebook, WhatsApp, Instagram di berbagai negara melaporkan tidak bisa login atau membuka aplikasi dan situs Facebook, feed di Instagram tidak bisa direfresh, dan pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim serta menerima pesan dalam bentuk apa pun, termasuk teks, foto, atau video.

Perusahaan miliki Mark Zuckerberg, Facebook, kemudian memberikan pernyataan singkat terkait masalah tersebut lewat akun Twitter resmi mereka.

Pada cuitan tersebut, Facebook mengatakan mereka mendapatkan bahwa penggunanya mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk-produknya. Facebook kemudian menyampaikan permohonan maafnya dan berupaya segera mencari penyebab permasalahan tersebut lalu memperbaikinya secepat mungkin.

Akun Twitter milik WhatsApp juga menulis cuitannya terkait permasalahan yang sama seperti Facebook.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!,” ujar akun WhatsApp di Twitter.

Dikarenakan down-nya ketiga media sosial ini, banyak neitzen yang beralih ke media sosial lain seperti Twitter hingga TikTok untuk mencari tahu kebenaran terkait permasalahan tersebut. Hashtag #instagramdown #facebookdown dan #whatsappdown ikut menjadi trending malam tadi.

Dilansir dari Liputan6 yang mengutip dari BleepingComputer, Senin (4/10/2021), mengatakan bahwa hal ini terjadi karena adalah masalah pada DNS (Domain Name System).

Dalam pengujian BleepingComputer, server DNS Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons, yang menunjukkan bahwa ini adalah kesalahan konfigurasi DNS atau masalah server.

Namun, masih belum ada keterangan resmi dari Facebook sehingga tidak diketahui secara jelas apa yang menyebabkan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara bersamaan.

Seluruh platform ini kembali normal pada Selasa, (5/10/2021) tadi pukul 05.34. Dari pihak WhatsApp juga mengonfirmasi hal tersebut dan mengatakan, “We’re now back and running at 100%,” ujarnya WhatsApp di akun Twitter mereka.


Penulis: Via Kurniati

Tinggalkan komentar